Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Minggu, 03 Januari 2016

Apa Tindakan Sebelum Letusan Gunung Berapi Terjadi?

Gunung berapi mungkin tertidur selama bertahun-tahun dan peringatan kemungkinan adanya letusan bisa kelihatan berlebihan bagi orang-orang yang tinggal di dekat gunung berapi tersebut.


Namun, ketika kejadian tersebut terjadi sangat baik untuk dipersiapkan lebih dini. Anda dapat mengurangi dampak bencana letusan gunung berapi pada kehidupan rumah dan bisnis. Suatu persiapan kecil sekarang dapat berdampak jauh di masa depan. 
Ikuti tips berikut ini untuk mengantisipasi sebelum bencana alam letusan gunung berapi terjadi :
! Cari informasi dari layanan darurat setempat sehingga Anda tahu jenis peringatan  bencana apa saja yang dilakukan.
! Pihak pertahanan sipil setempat biasanya memiliki satu set prosedur penanganan gawat darurat bencana gunung berapi meletus. Cari informasi dari mereka.
! Pastikan Anda memiliki perlengkapan pertolongan pertama, rencana darurat bencana, dan perlengkapan perlindungan darurat.
! Pastikan semua anggota keluarga tahu apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat.
! Persediaan air dapat terkontaminasi bila abu letusan gunung memasuki anak sungai. ikan di sungai bisa mati, lahan pertanian tidak dapat ditanami. Sepetak sayuran segar yang ditanam di luar rumah untuk makanan dalam keadaan darurat, jadi tidak dapat ditanami. Siap sedia akan hal ini.
! Jika Anda tinggal di daerah di mana lahar dan atau lava diketahui akan mengalir,pastikan Anda tahu dengan mempelajari ke mana lahar dan lava tersebut akan mengalir. Yang paling penting juga pelajari rute melarikan diri tercepat ke tujuan yang aman.
Silakan baca artikel terkait 'Apa Tindakan Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?'

Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer