Bencana alam maupun bukan harus disadari dapat menimpa sewaktu-waktu dan tidak dapat dihindari. Karenanya penanganan yang tepat dan perencanaan darurat bencana alam perlu diketahui. Blog merangkum pengetahuan darurat bencana alam dengan penjelasan lengkap dan mudah dipahami.

Sabtu, 18 November 2017

Tindakan Penyelamatan Diri Apabila Anda Terperangkap Dalam Kebakaran

Anda telah berusaha melakukan penyelamatan diri ketika kebakaran berlangsung, akan tetapi anda menjumpai semua akses jalan tertutup asap dan api. Biarpun anda menemui jalan buntu tetap berusaha dan ikuti petunjuk berikut :
1. Tetap tenang sepanjang waktu dan jangan panik. Berdoa agar anda bisa selamat.

2. Jika Anda tidak bisa melarikan diri dan tidak ada api di ruangan Anda, tetaplah tinggal di dalam ruangan. Atau jika semua pintu keluar tertutup api dan asap, anda kembali ke dalam ruangan yang tidak ada api dan asap.
3. Hubungi segera nomor darurat 112 atau nomor darurat pemadam kebakaran 113/1131. Ceritakan kondisi yang ada dengan tenang dan biarkan mereka mengetahui lokasi Anda sebenarnya.
4. Matikan kipas angin dan pendingin ruangan karena bisa menarik asap masuk ke dalam ruangan.
5. Sisipkan handuk atau kain di celah-celah semua pinggir pintu dan ventilasi untuk menutup masuknya api atau asap melalui celah.
6. Jika anda berada di lantai atas dan tidak memungkinkan anda loncat ke bawah, buka jendela ruangan. Gunting atau sobek kain berwarna putih atau berwarna cerah, lambaikan potongan kain dan panggil orang-orang yang ada di bawah. 




7. Jangan pecahkan jendela yang tertutup kecuali asap masuk ke ruangan anda dan anda membutuhkan udara segar untuk bernafas.
8. Tinggal di dekat jendela tempat Anda bisa dilihat. Jika anda berada dalam rumah, jangan bersembunyi di bawah tempat tidur atau di dalam lemari. Jika anda berada dalam gedung, jangan bersembunyi di bawah meja atau di dalam lemari.
9. Jika berada dalam ruangan tanpa jendela, pergi ke sudut dalam ruangan.
Sumber : iup.edu/facilities/offices/environmental-health-and-safety/fire-safety/fire-drill-safety. 







Artikel Highlight

Apa Tindakan Penyelamatan Diri Pada Saat Terjadi Letusan Gunung Berapi?

Apa yang dilakukan pada saat letusan gunung berapi mungkin berbeda-beda tergantung kondisi yang terjadi pada saat itu. Berikut adalah tips t...

Artikel Populer